iPhone Apple Ternyata Menggunakan Bahan Baku Timah Ilegal dari Indonesia

Sebuah fakta yang tak mengenakkan diungkapkan oleh media besar asal Inggris BBC. Mereka baru saja menampilkan video dokumenter mengenai kondisi para pekerja para rekan Apple dalam membangun produk iPhone ataupun iPadnya. Di situ, mereka pun memperlihatkan kalau Apple iPhone ternyata juga dibuat dengan menggunakan timah ilegal yang diambil dari pertambangan timah di Pulau Bangka.

Dalam video dokumenter BBC itu, diperlihatkan kalau area pertambangan di Pulau Bangka tersebut juga memiliki kondisi yang menyedihkan. Bagaimana tidak, anak-anak juga ternyata dilibatkan untuk bekerja di area yang notebene sangat berbahaya, baik bagi orang dewasa sekalipun. Dan Apple melalui VP Senior Apple Inggris, Jeff Williams pun mengungkapkan kekecewaannya dengan kondisi tersebut.

iPhone Apple Ternyata Menggunakan Bahan Baku Timah Ilegal dari Indonesia





Williams membenarkan kalau perusahaannya memang menggunakan bahan baku timah yang diambil dari Indonesia. “Dan beberapa di antara timah tersebut kemungkinan besar diambil dari pertambangan ilegal,” ujar Williams. Dia juga menyebutkan kalau tak bisa dimungkiri adanya aktivitas korupsi yang terlibat dalam jaringan suplai bahan baku iPhone dan iPad.

Selanjutnya, Apple pun memiliki dua solusi. Pertama sepenuhnya tak menggunakan timah dari Indonesia atau opsi kedua yakni menyelesaikan permasalahan tersebut dan tetap menggunakan timah Indonesia. Williams mengatakan kalau dirinya yakin memang masih banyak terdapat permasalahan di luar, namun pihaknya berjanji kalau Appel berkomitmen untuk memperbaiki kondisi tersebut.

Dalam video yang sama, BBC juga memperlihatkan bagaimana buruknya perlakuan yang diterima oleh para pekerja pabrik perakit iPhone dan iPad milik Pegatron. Mereka dipaksa untuk selalu kerja lembur dan tak diperbolehkan libur. Ditambah lagi, pabrik yang berada di sekitar Shanghai tersebut juga mempekerjakan anak-anak.

Blogger
Disqus

Tidak ada komentar